Jumat, 20 November 2009

KHAIRUNNAS AMPAULINNAS




KHAIRUNNAS AMPAULINNAS
(sebaik baik manusia)

Kehidupan ummat manusia didunia ini,identik dengan masalah dalam arti kata siapapun orangnya dimanapun dia berada,kapanpun, selama masih hidup dan tinggalnya di dunia ini maka selama itu dia akan menghadapi masalah,maka hanya orang-orang bodoh kalau ada orang yang mau hidup didunia ini tapi menghindar dari masalah, apalagi lari dari masalah yang di hadapinya,apabila kita mencoba lari dari masalah kehidupan didunia ini niscaya masalah baru yang lebih berat yang banyak dan tentu lebih sulit lagi solusinya,sehingga tiada alternatif lain,terlanjur kita hidup didunia ini maka kita tidak bisa menghindar dan lari dari masalah tapi bagaimana bisa mengatasi,menghadapi,dan menyelesaikan masalah yang di hadapi itu,
Kita sangat tertarik dengan motto yang digunakan pegadaian. MENYELESAIKAN MASALAH TANPA MASALAH. Ini adalah motto yang sangat-sangat ideal. Meskipun memang apakah betul begitu adanya di pegadaian. Tapi inilah salah satu yang paling baik kalau ada orang yang bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah,biasanya orang menyelesaikan masalah,boleh jadi yang di selesaikan betul-betul selesai tapi,justru muncul masalah yang lebih besar lebih rumit. Yang lebih konyol kalau masalah yang diatasi itu tidak selesai selesai malah bertambah masalah ini namanya fatal….
RASULULLAH SAW. Bersabda : KHAIRUNNAS AMPAULINNAS. Manusia yang paling baik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. Yang dimaksud manusia yang bermanfaat bagi orang lain adalah manakala orang ini menjadi solusi bagi orang lain,dia menjadi pemecah masalah.(solusi problem )terhadap maslah yang dihadapi orang,semakin banyak masalah orang lain yang diatasi semakin baiklah orang itu….yang istilahnya KEPERGIANNYA MENGGANJILKAN KEHADIRANNYA MENGGENAPKAN..inilah orang yang kehadirannya ditunggu tunggu dan kepergiannya ditangisi, sebab memang dia selalu menjadi solusi ,menjadi penyelesaian masalah banyak orang.
Nah tentu sebaliknya manusia yang paling jelek (buruk )ialah manusia yang tidak ada manfaatnya bagi orang lain,masih mending kalau dikatakan datangnya tidak menggenapkan kepergiannya tidak mangganjilkan,maksudnya ada atau tidak ada dia,tiada pengaruhnya tidak ada apa apa…ya samimawon kata orang jawa. Ada yang lebih parah lagi..kepergiannya menggenapkan kedatangannya mengganjilkan,…ini fatal betul sudah kalau begini,…..kalau dia datang semua orang mengeluh dan kalau dia pergi semua orang bersyukur,.kalau perlu didoakan agar cepat cepat mati…nauzubillah… kalau ada orang seperti ini,.mudah mudahan cepat mati,menjadi masalah terus ,semua ucapannya ,tingkahnya pasti membawa masaalah,menambah rumit masalah,…ternyata ada juga memang orang seperti ini,,…tapi saya berharap semua yang membaca tulisan ini tidak ada seperti orang ini…kitapun ingin menjadi AMPAULINNAS…menjadi manfaat bagi orang lain,yang kehadiran kita ditunggu tunggu, dirindukan, senantiasa dinantikan orang banyak.

Maka inilah sesungguhnya ALLAH SWT menurunkan agama yang diperintahkan kepada kita untuk kita mengikutinya….agar supaya menjadi solusi menjadi penyelesaian masalah….MAKA HIDUP INI IDENTIK DENGAN MASALAH MAKA ISLAM ITU IDENTIK DENGAN SOLUSI.
Jadi kalau ada orang yang mau mencari solusi,mencari jalan keluar dalam hidup ini tiada alternative lain kembalilah keajaran islam itu,..kalau tidak itu tunggulah masaalah kita akan semakin rumit,akan bertambah fatal lagi.
Tidak ada satupun dalam ajaran islam, perintah maupun larangan yang akan menambah masalah atau persoalan,tapi dia betul betul akan menyelesaikan masalah….Apapun bentuk perintah apapun bentuk larangan itu semua mengarahkan terhadap penyelesaia masaalah itu……Suatu waktu disebuah pengajian rutin dimesjid IMAM MUSLIM JAMAAH WAHDAH ISLAMIAH,seorang mahasiswa yang bertanya yang kebetulan aktivisi HMI ,yang sedang KKN di sebuah desa yang mayoritas beragama Kristen,bertemulahdia dengan seorang PENDETA ,sang pendeta menanyai tentang ajaran islam yang mengharamkan segala sesuatu yang berhubungan dengan BABI terutama dengan dagingnya,….pertanyaannya demikian….Anda seorang mahasiswa calon intelektual muda MUSLIM, pernah tidak dikaji secara serius kenapa babi diharamkan oleh ISLAM,padahal setahu kami daging babi itu adalah daging yang sangat enak dimakan….betulsih pernah dilakukan penelitian bahwa daging babi itu dapat menyebabkan penyakit cacing pita,tapi degan kemajuan tekhnologi,kecanggihan sains sekarang ini,penyakit yang bisa ditimbulkan oleh daging babi itu semua sudah bisa diatasi,kenapa kok tuhan kalian tidak mengantisifasi hal itu..malah kok diharamkan..!si mahasiswa kebingungan tidak bisa menjawabnya…maka dipertnyakanlah hal ini kepada sang ustadz yang mengisi pengajian pada malam itu yaitu..USTAZD JUNAIDI……Bagaimana tanggapan ustazd mengenai hal ini……..
Saya kemudian teringat dengan dialog antara KH.AGUS SALIM dengan seorang PENDETA didalam kereta api sewaktu pulang dari Surabaya menuju Jakarta,setelah mereka mengikuti acara dialog antara umat beragama.kebetulan dikereta mereka duduk berdampingan….ditengah jalan lagi lapar laparnya sang pendeta keluarkan makanan,pak pendeta menawarkan makan pak kiay,terakhir disodorkan daging…pak kiay Tanya.. ini daging apa..pak pendeta jawab daging babi.wah kurang ajar..kamu kan sudah tau bagi kami ummat islam dilarang makan daging babi…kok tetap dihidang…!...sang pendeta Cuma bilang bodoh betul itu orang ISLAM ,setahu saya sekian lama hidup didunia ini dan sudah makan makanan yang enak enak …Cuma daging babilah yang paling enaaaaaak. Kaget juga pak kiay …..sengaja rupanya saya disodori supaya diskak seperti ini…diam dia sambil berpikir,..diapain ini pendeta supaya bisa dijawab……sampai distatsiun kota..diterminal Jakarta,…mereka kemudian mau berpisah diajak salaman…pak pendeta sampai jumpa,tolong sampaikan salam saya sama keluarga dirumah,…pak pendeta berkata ….oh maaf pak kiay kami umat kristiani untuk kalangan PENDETA.BIARAWATI,SUSTER itu dilarang MENIKAH…pak kiay langsung menjawab…BODOH BETUL ITU UMAT KRISTIANI …..SETAHU SAYA WANITA ITU JAUH LEBIH ENAK DARI PADA DAGING BABI…..!akhirnya manggut manggut pak pendeta.itulah jawaban yang akan kita berikan jika ada kalangan ummat kristiani yang menayakan seputar babi…paling tidak anda bisa katakana bahwa setahu saya tidak ada seorangpun didunia ini yang SAKIT apalagi SEKARAT lebih lebih MATI ,gara gara tidak makan daging babi….kita tidak pernah menemukan itu…..tapii kalau ada lakilaki yang kemudian dilarang untuk menikah…bisa fatal akibatnya,..jangankan dilarang sekedar ditunda saja biasanya bisa sakit orang dibuatnya….apalagi sampai dilarang …berabe deh akibatnye….kenapa memang itu sudah menjadi fitrah bagi manusia..tuhan tau betul itu….maka dalam ajaran islam tidakboleh orang dilarang menikah,malah dianjurkan dipercepat dan dipermudah pernikahan itu…sebab dia adalh fitrah manusia,……………….. Nah inilah salah satu keunggulan ajaran ISLAM …dan inilah salah satu kekonyolan dalm ajaran non muslim yang melarang pendetanya utk menikah…..Akibatnya apa ,tahun 2004 yang lalu,pernah dimuat dibeberapa media,penyimpangan sexsual digareja seluruh dinia luar biasa banyaknya dilakukan para pendeta dan biarawati,..itu karna memang fitrah yang harus disalurkan dan tidak bisa dilarang dgn cara apapun…tidak bisa dipungkuri itu pemberian dari ALLAH SWT yang tidak bisa dielakkan, Cuma memang tatap harus ada koridornya ada aturan main yang dibuat…tapi tidak bisa dihindari hal itu…itu fitrah manusia….inilah satu lagi keunggulan ajaran islam…salah satu contoh betapa islam itu menjadi solusi …dan begitulah seluruh ajaran islam itu menjadi solusi,menjadi pemecah masalah,menjadi jalan keluar terhadap masalah yang kita hadapi.
Yang menjadi persoalan kemudian adalah kalau ada orang yang mengaku muslim tapi masaalahnya tidak kunjung selesai,islam juga dia tapi kok persoalannya tidak bisa teratasi,yang lebih konyol lagi justru karna kemuslimannya masalahnya beratambah banyak.yang lebih fatal lagi masalah itu muncul karna keislamannya….NAUZUBILLAH.. kok bisa seperti ini…islam diturunkan oleh ALLAH SWT sebagai solusi …kok malah dia menjadi sumber masaalah ada apa ini…?? ini adalah akibat ..LAYAK LAMUN …ini adalah akibat tidak paham ,dia tidak mengerti,…dalam bahasa lain …orang kalau salah paham dengan islam itu adalah BODOH,..Bodoh itu pakai H tdak..!mau pake H atau tidak,tdak masaalah karna ini bukan ujian bahasa Indonesia..BODOH itu sama dengan TIDAK TAU..tau itu pake H tidak,..mau pake atau tidak terserahlah..yang penting bukan tahu yang dimakan itu…BODOH denga TIDAK TAU kayaknya beda.. yaA.. ada perbedaan,kalau BODOH sudah pasti TIDAK TAU tapi TIDAK TAU belum tentu BODOH…saya kira begitu perbedaanya,orang yang tidak tau belum tentu dia berproses untuk mencari tau tapi orang yang belum tau itu sudah berproses mencari tau Cuma belum tau,yang persoalan itu kalau dia salah paham karna dia sok tahu wah ini masalah ini. Ada orang yang seperti itu dia sudah salah paham tapi,sok paham sok tau ini persoalan,ada juga bukan sok tau tapi tidak mau tau,ini juga persoalan….dan ada juga ummat islam yang begini modelnya inilah yang mengakibatkan ajaran islam itu tidak jadi solusi atau tidak mengatasi masalah malah menambah persoalan,karna dia bodoh,dia tidak tau,dia belum tau atau dia sok tau atau dia tidak mau tau. Yang paling Fatal kalau dia sudah masuk kategori ketiga TAU TAPI TIDAK MAU model seperti ini persoalan pula ini, nah…..kategori ummat islam hari ini yang seperti ini yang mengakibatkan ummat islam kayak sekarang ini ya…pasti ada yang modelnya sepeti ini. Inilah kemudian yang mengakibatkan islam tidak jadi solusi. Inilah kategori kelompok orang-orang yang LAYAKLAMUN,ya solusinya jelas sekali kalau di sini bodoh mau pake H tidak pake H tidak jadi persoalan,TAU pake H atau tidak juga tidak jadi masalah,tapi kalau sudah jadi solusi itu harus jelas ada yang pake H ada yang tidak kalau yang pertama itu tidak perlu pake H solusinya harus diajar ini yang seperti ini modelnya,kalau dia karna bodoh,tidak tau atau belum tau….,tapi kalau kelompok kedua yang sok tau tidak mau tau,tau tapi tidak mau tau,tidak bisa lagi diajar tapi harus di hajar yang kayak begini modelnya,sudah tidak tau tapi sok tau atau memang tidak mau tau sama sekali,apapun yang terjadi,pokoknya saya tidak mau,asal islam tidak mau pokoknya tidak mau tau dia,asal berbau islam pasti di tolak,tidak tau apa manfaatnya,apa mudaratnya,UU APP itu pokoknya karna itu nuansa islam tolak saja.
YANG PALING FATAL adalah SUDAH TAU TAPI TIDAK MAU,MEMANG INI HARUS DI HAJAR YANG KAYAK BEGINI MODELNYA.
Untuk kita masing-masing mari mengembalikan kepada diri masing masing kira-kira kita berada pada posisi mana kedalam ajaran islam hari ini,yang pasti kalau memang tidak menjadi solusi kita tinggal memilah-milah kira-kira dimana posisi kita,kita berharap hanya berada pada posisi pertama…terserah mau bodoh,tidak tau atau belum tau….yang jelas tinggal kita harus banyak belajar memang dari ajaran islam ini agar betul betul menjadi solusi.
Ajaran islam hari ini memeng seperti itu adanya…katakanlah SHAHADAT sebagai ajaran islam yang pertama,banyak betul orang yang salah paham dengan shahadat hari ini,seolah olah yang namanya shahadat itu cukup sekedar diucapkan saja,ASHADUALLAILAHA ILLALLAH WA ASHADUANNA MUHAMMADAROSULULLAH,islamlah dia,sahlah shahadatnya,…..Padahal tidak demikian yang dimaksudkan……,apalagi kalau ada orang berislam hanya memegang hadist yang megatakakan….. MANKANA AKHIRTU KALAMIHI LAILAHA ILLALLAH DAHALAN JANNAH….. siapa orang yang ucpan akhirnya dunia ini adalah LAILAHAILLALLAH dia pasti masuk surga,,….ya itu saja yang dituggu tuggu..tidak perlu shalat,tidak perlu puasa, tidak perlu haji,tidak –perlu macam macam ibadah yang diperintahkan oleh ALLAH SWT,hidup semau dewe….nantilah menjelang mati baru baca LA ILAHA ILLALLAH kan ada jaminan,…dan itu hadist shohih,…apa dikira seenak itu,semudah itu mengucapkan LA ILAHA ILLALLAH menjelang mati..?..mana sempat..apalagi matinya tiba tiba…mana sempat kalau selama hidupnya tidak dilatih

untuk mengucapkan LA ILAHA ILLALLAH dalam kondisi apapun,sedangkan sudah dilatih terkadang tidak sempat.
Ada sebuah cerita nyata terkait dengan hal ini…..Seorang ulama suatu hari mengajar dihadapan santrinya,mengenai sabar terhadap ujian yang ditimpakan kepada seseorng,satu diantaranya berupa sebuah kematian keluarga yang sangat dicintai,kita harus sabar menerrimanya..Macam macam ayat dan hadist sejarah yang diangkat tentang kesabaran ini..sampai sampai santrinya manggut manggut mendengarnya….tapi tidak lama kemudian….sang ulama lagi asik ceramah tiba tiba burung kesayangannya diterkam kucing dan mati mendadak…kaget dia…eh….malah pingsan sang kiay….melihat burungnya mati …..para santrinya kaget..ah…ustazd ngawur ini….membahas masalah sabar hebat betul ayatnya.hadistnya kalau kena musibah keluarga meninggal kita harus sabar menerimanya …kok burungnya saja yang mati kok kiay malah pingsan…!mana kesabarannya…
Setelah siuman santrinya berkata,..ah masa ustazt ini mengajari kita tentang sabar, sedang kiay sendiri baru burung kesayangannya yang mati sudah pingsan,…..sang kiay bercerita… bukan karna matinya itu yang membuat saya sedih…tapi burung saya ini sudah sejak lama bisa bicara dan sudah fasi mengucapkan LAILAHA ILLALLAH .setiap dia mendengar suara saya pasti itu yang dia ucapkannya ,tiap malam .pagi,sore..nah ..saya kaget kok waktu diterkam sama kucing…kok dia tidak berteriak lailaha illallah malah ia Cuma eeek eeek lalu mati,nah saya pingsan bukan karna mengingat burung kesayangan saya,tapi saya membayangkan ya allah kalau malaikat israil nanti mencabut saya punya nyawa juga tidak bisa mengucapkan LAILAHA ILLALLAH itu , tapi saya Cuma teriak eek eek dan mati NAUZUBILLAH apa jadinya.
Nah ini bisa saja terjadi kalau ucapan LAILAHA ILLALLAH itu diucapkan tanpa makna tanpa pemahaman,.. ya…. sperti burung beo itu, ucapkan LAILAHA ILLALLAH tanpa makna,tanpa mengerti apa maksudnya…karna itu yang diajarkan…..kalau orang islam harus LAILAHA ILLALLAH, ….maka LAILAHA ILLALLAH juga dia,…..mau kawin .LAILAHA ILLALLAH…mau sunatan….LAILAHA ILLALLAH,mau tahlilan juga itu terus yang diulang ulang…tapi indak ngerti maknanya ,apa artinya …apa maksudnya…giliran mati bukan LAILAHA ILLALLAH yang dipanggil…istri/suami yang diteriaki,hartanya yang diingat,tabungan,dan segala macam yang muncul dikemudian hari.. Ini karna LAYAKLAMUN dengan shahadat,salah paham dengan shahadatnya.
Begitulah ibadah sholat…ibadah sholat sangat jelas ayatnya…..TANHA ANIFAHSAI WAL MUNKAR,..dia mencegah orang berbuat keji dan mungkar..tapi banyak betul orang selesai sholat masih saja asiyk berbuat mungkar,karna banyak orang saat ini sholat niatnya sudah tidak beres barangnya orang yang diincar dan banyak lagi mungkarat mungkarat yang dikerjakan orang yang mengerjakan sholat.ini orang yang tidak paham dengan sholatnya,inilah yang dikatakan rasulullah…SAYAKTI ALLANNASI ZAMAN.akan tiba suatu zaman YASALUNNA YUSALUN…banyak orang shalat tapi sesungguhnya dia tidak sholat Cuma gerakannya dan bacaannya saja sama dengan orang shalat tapi sebenarnya dia tidak paham dengan apa yang dia baca dan yang digerakkannya itu..kalau pagi sama dengan senam pagi, ini dia yang tidak paham yang tidak ngerti dengan sholat,banyak orang yang dikatakan dalam ayat…waylullil mushollin…neraka wail..dan kecelakaan bagi orang yang sholat ,orang yang LAYAKLAMUN yang tidak paham dengan sholatnya,begitulah dengan zakatnya,infak ,sedekah membuat dia gelisah dan tambah hancur tak karu karuan .bahkan ada oang yang digmbarkan dalam ayat…”FAMASLUHU KAMA SALIHI SAFWAN”..persis sperti perumpamaan PASIR YANG DILETAKKAN DIATAS BATU LICIN,TIBATIBA DATANG HUJAN LEBAT DAN ANGIN KENCANG MAKA HABISLAH DIA TERBANG TIADA TERSISA…..nah banyak orang yang berjakat,berinfak yang begini ini.,tidak pengaruh tiada dampak apa apa,tidak mmendapatkan kebahagiaan dalam rumah tangga,malah gara gara berinfak berantam dalam rumah tangga….bapak sih sok2 juga mau dikatakan dermawan…orang disuruh beli susu utk anak eh malah dipakai untuk berinfak….banyak orang berkelahi suami istri gara gara LAYAKLAMUN..kalau ada kotak amal didepannya dicarilah uang yang paling kecil,kalau toh sama semua dicarilah yang paling lusuh,bila perlu kalau ada yang robek padahal semua nilanya sama sama nolnya tiga tapi karna LAYAKLAMUN carilah yang jelek jelek,itulah yang diinfakkan, …seperti inilah orang yang tidak ngerti infak itu,..salah faham dia…begitu pula ibadah haji..banyak orang yang pulang balik dari tanah suci..tiada yang berubah,tiada pengaruh apa apa,tiada bedanya kalau dia pergi tamasya merayakan ulang tahunya di eropa ..kenapa..?? karna.. LAYAKLAMUN …makanya ada istilah dikalangan portugis itu dengan haji meong,…haji kucing,konon katanya kucing itu juga pernah naik haji (tidak tau saya kucing mana yang dimaksud )yang pernah naik haji,..setelah pulang naik haji,kucing ini bikini hajatan..diundnglah semua kolega kolega sesame binatang ,termasuk tikus tikus di undang juga sukuran,diskusi serius kemudian para tikus menerima undangan ini,wah..wah..surprais ini ada kucing mengundang kita ada hajatan ada syukuran,tikus lain menjawab jangan percaya namanya kucing jangan percaya jangan hadir bisa bisa kita yang jadi sasaran kita yang disantap,…ah tidak inikan baru pulang dari tanah suci dia sudah haji,..aih biar haji kalu namanya kucing dimakan juga kita …..begini saja..kita utus saja beberapa tikus yang lincah lincah dan disepakatilah ,tidak usah dekat dekat sang haji kucing, yah.. kira kira dekat pintu keluar begitu.
Setelah menghadiri acara mereka saksikan rupanya sang kucing memang betul betul sudah berubah …dari segi penampilan,dari cara menyambut tamu sudah lain sekali ….wah menarik ini kalau begini ini,akhiirnya para tikus hilap, dasar tikus memang rakusnya tidak ketulungan….sedang barang basi,mentah diembat juga,apalagi yang disediakan atau dipajang untuk dia……Sesudah para tamu pulang,masih asyik juga makan sitikus ini, dia sudah kehilangan kesadaran…ah …inikan kucing sudah sadar,…ternyata yang namanya kucing biarpun sudah haji memang tidak berubah….habis binatang lain dan dia lihat sitikus masih asyik makan…!kumat penyakitnya..akhirnya diterkam juga tikus ini dan ketangkap Satu yang lainnya lari pulang….itu saya bilang memang kalau namanya kucing tiada perubahan biar sudah haji…maka ada namanya haji meong…hari ini banyak haji kayak gini ini,..sebelum haji korupsi,….pulang haji eh..tambah jadi korupsinya…sebelum haji jarang kelihatan dimesjid…dua kali pulang haji eh tidak kelihatan juga,kalaupun muncul Cuma jumat,itupun datang nanti khotib mau turun dari mimbar,…pulangnya orang masih zikir..yaALLAH haji apa kayak gini ini..dan inilah namanya haji layaklamun …..makanya dimajalah pernah digambarkan karikatur jamah haji Indonesia,katanya kalau melempar jumroh dimina itu ,batunya mental kembali kepada orang yang melempar tadi sambil diiringi ucapan sesame setan dilarang saling melempar.
Aneh memang idonesia ini membingungkan..semua daerah tidak pernah cukup kuota, ..kemarin orang mendaftar sudah penuh kuwota sampai tiga tahun kedepan, mendaftar dipalu penuh,pindah kemakassar penuh juga,kebalikpapan penuh juga,untuk 2011 penuh ,2012 penuh juga nantilah 2013 baru ada itupun daftar tunggu,,,saking banyaknya jemaah Indonesia,…tapi kok Indonesia begini terus keadaannya.
Kenapa begini…!karena memang orang tidak faham tentang ajaran islam itu(LAYAKLAMUN) yang pling patal lagi kalau LAYAKLAMUN karena kelompok kebawah ini yang SOK TAU….TIDAK MAU TAU…..TAU TAPI TIDAK MAU…itu wah ini memang persoalan….dan jadi sempurna kalau yang mengajar tidak tau juga ya sama juga boong.dan tamba kacau jadinya keadaan ini…sehingga memang kita harus keluar dari kondisi LAYAKLAMUN tadi ,sebab orang kalau LAYAKLAMUN (orang tidak ngerti)ajaran islam, dia akan menjadi sumber masalah,menambah masalah, tidak akan jadi solusi. Ada suatu cerita seorang ustads dan temannya yang pertama kali diutus pesantren ke suatu daerah yaitu ke Riau dikota dumai pertama kali menginjak Sumatra dan belum tau alamat.
Turun di terminal Bis. Langsung di kerumuni sopir angkot, ojek, dan becak….. Bapak mau ke mana pak?..... saya mau kepesantren Khidayah tullah……… dimana itu? Di Bukit Timah …oh………sudah saya antar Bapak keterminal angkot ,disana tempatnya jurusan kesana pak , …berapa ongkosnya?... Oh….. tidak mahal Bapak berdua bayar Rp. 5000 saja. Tapi Rp 5000 tahun 1992 cukup besar apalagi dikalangan santri Hidayahtullahitu cukup besar. Itu……… tahun 92 bayar Rp 5000 naik becak lagi….. tapi karena tidak tau alamat apa boleh buat terpaksa naik saja sama tukang becak,sampai di terminal Pulau Payang depan pasar Pulau Payang namanya. Memang banyak angkot disitu berderet. Saya tanyalah satu-satu sopir angkot itu,mana pak yang ke Bukit Timah…. Loh Bapak mau kemana ….. lah mau ke Bukit Timah. Salah pak disini yang di depan pasar ini hanya satu jurusan ke luar kota ….. Bukit Timah itu masih dalam kota …… Bapak dari mana?...... dari Jakarta …. Naik apa………. Naik bis……. Turun di mana? Diterminal …..sudah di situ terminal angkot yang ke bukit Timah itu…… ya Allah ….. kurang ajar tukang becak….. tegur sama sopir itu Eh……… bapak tidak usah naik becak! ….. kenapa …. Tempatnya itu dibelakang ruko ini…….. berjalan kaki saja dekat, tidak sampai 100 m sudah sampai. Ya Allah Ya Robbi ….. tadi jauh sekali …….. Bapak di tipu itu, dia Cuma… mutar …. Saya bilang…! ini akibatnya karena LAYAKLAMUN . tidak mengerti di bodoh-bodohin.yang seharusnya tidak perlu naik becak bayar Rp 5000 lagi….. sudah itu bukan tempat yang dituju lagi…….. ini karena LAYAKLAMUN. Begitulah orang umat islam hari ini, karena banyak yang LAYAKLAMUN itu. Banyak dibodoh-bodohin ,dengar katanya ini ajaran islam padahal dia tidak ngerti-ngerti tentang ajaran islam, banyaklah itu yang mengikut, ada yang ikut tukang becak,ada yang ikut ojek ada yang naik angkot, ada yang naik taksi ada yang jalan kaki sendiri, ada yang macam-macam modelnya. Itu kalau LAYAKLAMUN, sampai macam-macam kendaraan yang diusahakan dalam menapaki hidup ini untuk mencari solusi.
Tukang becak berkata ,daripada bapak berjalan kaki kecapean,lebih bagus naik becak…..tinggal tegantung kemampuan tukang becak untuk mempengaruhi calon penumpangnya,…tukang ojek bilang,kalau naik becak nanti lama betul sampainya lebih baik naik ojek nanti cepat tibanya,…datang sopir angkot,kalau naik ojek,bapak setengah mati pegang barang belum kalau hujan basah nanti,..lebih baik naik angkot saja….datang supir taksi..ah bapak kalau naik angkot ,penuh sesak, lebih bagus naik argo….sudah bebas sendirian,ber AC lagi..antar langsung tiba ketempat…begitulah selanjutnya…akhirnya memang pecah menjadi brberapa kelompok (golongan) yang ada untuk mengantarkan orang orang yang LAYAKLAMUN itu.
Pecah menjadi beberapa kenderaan,RASULULLAH SAW pernah bersabda…..kelompok ahlil kitab yakni yahudi dan nasrani itu pecah menjadi 72 golongan,tapi ummatku itu suatusaat pecah menjadi 73 golongan,jadii memang sudah digambarkan oleh RASULULLAH SAW ,nanti akan pecah menjadi 73 golongan,ini akibat banyak orang yang LAYAKLAMUN itu ,makanya dikatakan ayat selanjutnya pada ayat 32 pada surah 30 tiap tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan masing masing.setiap kenderaan saling bersaing,saling mempengaruhi orang orang yang layaaklamun itu,untuk ikut kenderaan masing masing,inilah kemudian mengakibatkan islam itu menjadi tambah jauh dari solusi…malah menambah masalah,menjadi persoalan terus,.karena memang banyaknya orang orang yang layaklamun itu, orang yang tidak paham,orang yang tidak ngerti,…..makanya dalam ajaran islam itu orang dituntut untuk keluar dari kondisi layaklamun itu.
Kita dituntut memang harus belajar dan harus mengajar orang islam itu,makanya ajaran islam itu kalau ibadah shalat,puasa,zakat,haji itu masing masing ada syaratnya,
SHALAT…itu nanti orang baliq baru diwajibkan,kalaupun diajar nanti umur 7tahun,umur 10 tahun tidak shalat harus dipukul kita punya anak.
PUASA…itu wajib bagi orang yang baliq,orang yang tidak sakit,orang yang tidak musyafir,…..kalau dia belum baliq tidak wajib,dia baliq tapi
sakit tidak wajib,sudah baliq tidak sakit tapi musyafir tidak
wajib..nanti bisa fidia,atau bisa diganti pada bulan berikutnya atau diluar ramadhan.
ZAKAT…infak itu hanya diwajibkan bagi yang mampu,orang yag mempunya harta yang sudah sampai nisabnya,
HAJI….juga begitu,hanya diwajibkan bagi orang yang sudah berkemampuan.
Begitulah perintah yang lain masing masing punya syarat,tapi yang namanya belajar tidak punya syarat,dimanapun,kapanpun,…..dalam hadist dikatakan..UTBULUL ILMA MINALMAHDI ILLALLAHDI tuntutlah ilmu sejak diayunan sampai keliang lahat.tiada syaratnya,dia tidak mengenal waktu,bahkan rasulullah mengatakan UTBULUL ILMA WALAU BISHIN,..tuntutlah ilmu sekalipun dinegeri cina,ditempat yang sangat jauh yang tidak mungkin dicapai saat itu,waktu itu belum ada pesawat,belum ada trnsportasi canggih,..sudah dituntut meskipun dinegeri cina…lintas territorial,bahkan lintas idiologi.kalau memang diperlukan harus dikejar dan takada syarat dalam ajaran islam,ilmu itu memang sesuatu yang utama dan itulah yang menyebabkan kenapa nama ADAM yang menjadi khalifah dan bukan malaikat yang lebih senior dan bukan iblis yang bahan bakunya lebih mulia (dan itulah makanya kenapa dia tidak mau sujud kepada adam)karena dia punya ilmu,setelah diuji oleh ALLAH SWT menyebutkan satu persatu nama nama yang ada dibumi ini tidak bisa,malaikat juga begitu,dan mereka berkata kami tak bisa menyebutkan kecuali apa yang telah kau ajarkan,tapi begitu ditanya nabi adam dia sebutkan satu persatu….tunduk kemudian para malaikat,kalau demikian kamu lebih pintar….kamu lebih berillmu dari pada kami..kami rela kalau harus bersujud…makanya ALLAH SWT mengatakan YARFAILLAHU LAZINA AMANU MINKUM WALLAZINA UTUL ILMA DARAZAT……orang orang yang berlmu itu memang derajatnya lebih tinggi,dan banyak lagi ayat dan hadist yang menyangkut tentang konferhensi tentang ilmu itu,makanya ayat yang pertamakali diturunkan adalah IQRA , itu adalah awal pertamanya untuk kita dapatkan ilmu…..itu maksudnya .
Sebab didalam ajaran islam ditantang keras untuk kita ikut ikutan tanpa pemahaman , sebab itu bahaya….kalau kita tersesat?? Mending kalu Cuma tersesat seperti ustazd yang tesesat diterminal pekan baru itu, begitu saaampai ternyata ditipu ya sejak saat itu tidak mau lagi ikut ikutan sama tukang becak harus tau betul..dan masih ada jalan mundur…..tapi kalau sudah diakhirat NAUZUBILLAH…eh salah saya, ternyata saya salah ikut,…tolong kembalikan lagi saya kedunia…..MANA BISA sudah terlanjur…! Maka ALLAH SWT mewanti wanti pada surat 17 ayat 36(al,isra)dalam ayat ini jelas sekali…jangan kamu ikut ikuttan sesuatu yang kamu tidak punya pengetahuan tentangnya…mentang mentang banyak orang yang menolak UUAPP, dari pada kita dianggap tidak modern ,tidak mengerti globalisasi,tidak paham emansipasi,dan segala macam yang kayak sapi sapi lainnya itu, ya ikut ikutanlah dia ,ini orang yang tidak paham,ini yang dikatakan jangan ikut ikutan kalau memang kamu tidak tau,kita semua diberikan alat,diberi instrument ,dipungsikan oleh ALLAH SWT supaya bisa keluar dari kondisi LAYAK LAMUN.untuk paham bagaimana ajaran islam yang benar itu,untuk tidak sembarang ikut ikutan,jangan mentang mentang secara fisik sudah seperti islam main ikut saja….,tunggu dulu ….islam yang bagaimana dulu…,apa memang bisa mendatangkan jalan keluar,atau malah menambah masalah dalam hidup ini,..dan itu bisa jadi kalau kita dalam kondisi layaklamun,makanya didalam surah al`a`raf itu malah ekstrim sekali dikatakan…..nanti kalau sudah masuk kedalam neraka jahanam berkatalah yang masuk kemudian kepada yang ikut terlebih dahulu,…rupanya dineraka itu nanti orang tidak masuk bersama sama,itu ada aturannya,….siapa duluan siapa kemudian siapa belakangan masuknya,Dalam hadist kemudian dijelaskan ada tiga tahap tahapannya itu
kelompok pertama…,yang masuk pertama adalah para pemimpin.inilah kelompok pertama yang masuk neraka…..terserah pemimpin apa saja…sebab kita semua pemmpin,jadi kalau dalam rumah tangga yang masuk duluan adalah kepala rumah tangganya,dalam kelurahan yang masuk duluan adalah kepala kelurahannya,dan begitulah seterusnya,semua kelompok organisasi apa saja,kalau masuk neraka yang masuk neraka duluan adalah para pemimpinnya,,ibarat naik mobil yang pertama masuk jurang adalah sopirnya,k
Kelompok kedua adalah para ulama,jangan dikira kalau sudah ulama sudah pasti masuk surga,banyak nanti ulama yang masuk neraka yaitu para ulam su.bahkan mereka urutan kedua yang akan dimasukkan kedalam neraka,yaitu ulama yang sok tau,tau tapi tidak mau itu,kalau ibaratkan naik mobil diterminal,para calo,kondektur yang mengajak orang masuk kenderaannya untuk bergabung padahal untuk menyesatkan orang dan banyak sekali nanti yang seperti ini masuk neraka jahanam.
Kelomp[ok ketiga adalah para pengikutnya.
Kreasi of Arman Batubara
Dikutip dari khutbah jumat oleh ustad Junaedi Akib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar