Bila Anda seorang
bisnismen, enterpreneur atau marketer, berikut ini 10 konsep marketing Hermawan
Kertajaya (ringkasan) berikut ini, barangkali bermanfaat
SATU:
LOVE YOUR CUSTOMER, RESPECT YOUR COMPETITOR.
Cintailah
customer kita. Masak kita mau menjual barang yang jelek. Seperti Nabi
Muhammad yang digelari Al Amin yang artinya Mr Trusty, Mr
Honest.
Nabi itu, ketika ada pedagang yang menyembunyikan kayu
basah di bawah, mengatakan kayu basah harus disimpan di atas. Ini
menunjukkan bahwa spiritual marketing itu sudah dimulai sejak zaman
Nabi.
Lantas bagaimana kalau produk kualitas rendah, dibungkus
dengan kemasan unik dan menarik untuk menyembunyikan
kekurangannya. ..?
Kalau kita tidak love our customer mereka
akan memusuhi kita. Respect our competitor, lihat Nabi! Terhadap
musuh-musuhnya, even orang yahudi yang meninggal ia tetap menghormati
karena Yahudi tetap manusia kendati ia musuh kita. Jadi bersaing ya
bersaing tapi jangan sampai menjatuhkan. Karena competitor itu kan
sama-sama membangun industri.
KEDUA:
BE SENSITIVE TO CHANGE, BE READY TO TRANSFORM
Kita
harus selalu sensitif terhadap bisikan dari atas. Seperti Nabi Nuh
dulu dibisikin Tuhan supaya membuat persiapan menjelang banjir. Lalu
Nabi melakukan persiapan.
KETIGA:
GUARD YOUR NAME BE CLEAR WHO YOU ARE
Kita
harus memiliki nama. Seperti yang dikatakan Aa Gym, dagang itu nama.
Kalau kita sudah bisa dagang tanpa nyogok orang tidak akan meminta
sogokan juga. Seperti kita (MarkPlus & Co) tidak pernah
nyogok
untuk mendapatkan proyek. Akhirnya orang akan menerima kita. Ya wis,
Mark Plus nggak perlu apa-apa.
KEEMPAT:
CUSTOMERS ARE DIVERS GO FIRST TO WHO REALLY NEED YOU
Customers
itu macam-macam. Kita harus pergi ke orang yang benar-benar
membutuhkan kita. Kalau tidak butuh jangan dijualin. Jangan membujuk
orang. Marketing kan sering dituduh membuat orang konsumtif. Tidak
perlu barang itu dibujuk-bujuk. Itu jelas tidak baik.
KELIMA:
ALWAYS OFFER A GOOD PRODUCT AT A FAIR PRICE
Jadi
produk yang bagus harus diberi harga seimbang. Kalau jelek jangan
bujukin orang.
KEENAM:
BE ALWAYS AVAILABLE AND SPREAD THE GOOD NEWS
Kita
harus selalu ada kalau orang membutuhkan kita. Pemberitaan itu harus
kabar gembira terus jangan ngancam-ngancam. Orang dagang itu
sebenarnya jangan ngancam pakai katabelece segala.
KETUJUH:
GET YOUR CUSTOMERS AND KEEP GROW THE BUSINESS WITH THEM
KEDELAPAN:
WHAT EVER YOUR BUSINESS IS A SERVICE BUSINESS
Pelayanan
itu ibadah
KESEMBILAN:
ALWAYS REFINE YOUR PROCESS IN TERM OF QUALITY, COST AND
DELIVERY
Selalu
usahakan meningkatkan kualitas, menurunkan cost supaya customers juga
ikut menikmati dan delivery makin lama harus on time
KESEPULUH:
GATHER RELEVAN INFORMATION BUT MAKE DECISIONS BASES ON YOUR
WISDOM
Kumpulkan
informasi sebanyak mungkin tapi keputusan terakhir berdasarkan hati
nurani
"...Bila engkau penat menempuh jalan panjang, menanjak dan berliku.. dengan perlahan ataupun berlari, berhenti dan duduklah diam.. pandanglah ke atas.. 'Dia' sedang melukis pelangi untukmu.."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar